Lebih Dekat dengan Flora dan Fauna Indonesia di Taman Nasional Kutai

Instagram @achmadi.idink
Kamu traveller yang memiliki ketertarikan khusus pada pelestarian ekosistem? Taman Nasional Kutai akan mengedukasi kamu tentang macam-macam flora dan fauna yang terancam punah dan membuatmu semakin kagum dengan kekayaan alam Indonesia.

Taman Nasional Kutai berlokasi di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. Bila kamu tinggal di tempat yang jauh dari Kalimantan, jarak tentu bukan lagi alasan untuk tidak bisa travellig. Saat ini sudah banyak situs di internet yang menyediakan informasi mengenai tiket pesawat bahkan kamu bisa dapat tiket pesawat promo lewat situs booking tiket pesawat seperti Reservasi.com, selain mudah tentu banyak promo-promo menarik yang diberikan. Berikut ini alasan-alasan mengapa kamu harus mengabaikan jarak untuk mengunjungi taman yang sering disebut-sebut sebagai surga hujan tropis dunia ini.

Pertama, taman nasional yang menjadi objek kamulan di Kutai Timur ini memiliki berbagai tipe vegetasi. Ada pun tipe vegetasi utamanya meliputi, vegetasi Hutan Pantai atau Mangrove, vegetasi Hutan Rawa Air Tawar, Hutan Kerangas, Hutan Genangan, Dataran Rendah, Hutan Ulin, Meranti, Kapur, dan juga vegetasi Hutan Dipterocarpaceae Campuran.

Kedua, Taman Hutan Ulin yang ada di Taman Nasional Kutai diketahui sebagai Taman Hutan Ulin yang paling luas di Indonesia. Di sana, pengunjung dapat melihat Pohon Ulin yang memiliki tinggi bebas cabang  45 meter, diameter 225 cm, dan keliling batangnya 760 cm, sedangkan volumenya 150 m³. Pohon ini juga tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Ketiga, bagi kamu pecinta tanaman Anggrek mengunjungi Taman Nasional Kutai adalah destinasi yang sangat direkomendasikan. Pasalnya di taman nasional ini terdapat berbagai jenis tanaman anggrek yang memanjakan mata. Tidak hanya Anggrek, tiga jenis Raflesia, Meranti, Cemara Laut, Kapur, dan beragam jumlah potensi flora yang mencapai 958 jenis ada di sana. Hal lain yang ada di surga hutan tropis dunia ini adalah adanya tanaman langka yang semakin sulit ditemui. Tanaman langka tersebut seperti gaharu, anggrek hutan, dan kantong semar.
Mulai tertarik dan ingin berpetualang ke Taman Nasional Kutai? Ingin berkunjung ke taman nasional satu ini tapi budget liburanmu pas-pasan? Kamu mungkin bisa manfaatkan tiket pesawat promo yang bisa kamu cari di internet salah satunya lewat situs booking tiket pesawat Reservasi.com. Kalau sudah dapat tiket promo mungking kamu perlu menambah info lebih soal taman nasional yang juga merupakan rumah terutama bagi salah satu satwa endemik Indonesia yakni orang utan.

Penting untuk kamu ketahui, bahwa di Taman Nasional Kutai ini hidup sekitar 80 persen dari seluruh jenis burung di Borneo, serta 80 jenis mamalia ada di taman ini. Kawasan ini adalah habitat kelompok primata seperti orangutan, owa Kalimantan, Bekantan, Kera ekor panjang, beruk dan kukang. Selain itu, Taman Nasional Kutai juga menjadi habitat dari kelompok ungulata seperti Banteng, Rusa Dsambar, Kijang dan Kanil, kelompok ini dapat ditemui disemua kawasan Taman Nasional Kutai.

Kunjunganmu ke Taman Nasional Kutai juga dijamin tidak akan mengecewakan. Dilihat dari terus meningkatnya jumlah pengunjung objek wisata alam ini dari waktu ke waktu, baik pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini menunjukkan bahwa tempat wisata ini memiliki daya pikat tinggi untuk dieksplor lebih lanjut. Jika kamu memang berniat datang ke tempat satu ini kamu bisa manfaatkan tiket promo citilink untuk tujuan Balikpapan. 

Ada pun fasilitas umum yang terdapat di Taman Nasional ini adalah mushola dan balai pertemuan. Ada juga jembatan gantung dan rumah pohon yang dapat kamu manfaatkan untuk bermain bersama keluarga. Sebelum berangkat ke Taman nasional Kutai, sangat disarankan kamu membawa perbekalan makanan secukupnya, serta membawa lotion anti nyamuk.

Untuk bisa mengunjungi Taman Nasional Kutai, pengunjung terlebih dahulu harus melapor ke pengelola yang untuk mendapatkan Izin Masuk ke Kawasan Konservasi (SIMAKSI).

Bila kamu menempuh jalur udara dari luar Kalimantan memilih tiket promo citilink tujuan Balikpapan tentu opsi terbaik. Dari Balikpapan kamu dapat naik kendaraan ke Sangatta. Sedangkan jika kamu dari Samarinda, ada bus yang bisa kamu tumpangi dengan dari Samarinda menuju Bontang baru sampai di daerah Sangatta. Dengan menggunakan bus ini, kamu dapat sampai di tempat wisata Sangkima.
Ada sejumlah spot-spot yang bisa kamu kunjugi bila kamu datang ke Taman Nasional Kutai yang terletak di pinggir Teluk Kaba, selain jalan-jalan ke Teluk Kaba, kamu bisa menjelajah ke Muara Sangkimah, Teluk Lombok, Muara Sungai Sangatta, atau ke Goa Lobang Angin. Lain hal, jika kamu lebih tertarik melakukan penelitian mengenai flora dan fauna yang ada di taman nasional ini, Prevab Mentoko munkin akan jadi tempat yang pas untukmu.
Waktu yang paling cocok untuk berkunjung ke habitat satwa-satwa liar ini paling pas pada bulan April hingga September. Pada bulan-bulan ini, kondisi hutan memang paling cocok untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Meski di beberapa tempat, akses jalannya sudah baik tetapi bagi kamu yang ingin menjelajah lebih, datang saat musim kemarau tentu akan jauh lebih membuatmu nyaman. Satu hal yang tak boleh terlupa, baiknya kamu mengajak salah satu ranger hutan. Tak hanya untuk keselamatan, ranger juga tentu lebih paham akan area hutan.

Jika kamu sudah berencana untuk datang ke Balikpapan dalam waktu dekat ini, tak ada salahnya jika kamu menggunakan tiket promo citilink. Dengan menggunakan tiket promo tentu kamu bisa menyimpan uang lebih yang bisa digunakan untuk kebutuhan lain selama liburan. Selain berkeliling di Kota Balikpapan, pastikan juga jika Taman Nasional Kutai masuk dalam daftar kunjungan liburanmu.  
Lebih Dekat dengan Flora dan Fauna Indonesia di Taman Nasional Kutai Lebih Dekat dengan Flora dan Fauna Indonesia di Taman Nasional Kutai Reviewed by buyazen on 17.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.