Ingin Jadi Pebisnis Startup? Ikuti 15 Kiat Berikut



Istilah perusahaan rintisan atau startup makin santer di kalangan anak muda, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Apalagi tidak sedikit yangsudah mendulang berhasil di bisnis ini.

Seorang pengusaha muda, Christian Reber salah satunya. Ia ialah pendiri Pitch & Wunderlist, di antara perusahaan teknologi berbasis Berlin, Jerman yang konsentrasi membuat aplikasi-aplikasi yang terintegrasi disekian banyak  platform.

Wunderlist adalahsuatu software To-do List (task manager) berbasis komputasi awan atau cloud. Dengan software ini, saya dan anda bisa mengatur dan menuntaskan semua tugas yang mesti saya dan anda lakukan dengan lebih baik.

Bagi kita yang hendak membangun bisnis startup, inilah Christian Rebermenyalurkan kiat-kiatnya :

1. Bermimpi besar dan mulai dari yang kecil

Jika memiliki mimpi untuk mengawali perusahaan sendiri, namun tidak tahu serupa apa yang hendak Anda kerjakan atau apakah itu ialah saat yang tepat, pakai waktu Anda guna belajar.

Memulai bisnis teknologi yang berkembang pesat paling menantang, dan membutuhkan sekian banyak  keterampilan. Waktu yang kita ambil guna belajar memungkinkan Anda guna mengeksplorasi bakat kita dan mengejar satu urusan yang benar-benar kita sukai. Cobalah guna menjadiberpengalaman dalam di antara bidang, desain, pemprograman, atau bisnis.

Membangun suatu perusahaan, memimpin suatu tim, dan menjaga bisnis internasional yang paling sukses ialah kerja keras dan membutuhkan tidak sedikit pengetahuan.

Ada tidak sedikit cara guna mendapatkan pengetahuan ini. Bergantung padalokasi Anda ketika ini, luangkan masa masa dan temukan universitas yang memungkinkan kita menemukan, mengeksplorasi, dan mengembangkan khayalan Anda.

Berinvestasi dalam pengetahuan dan kemampuan Anda, berarti mengerjakan investasi dalam mimpi Anda.

2. Bekerja guna belajar, bukan guna mendapatkan

Sekarang sesudah Anda belajar dengan giat dan benar-benar masuk ke dalam disiplin tertentu, berikut saatnya guna memperluas kemahiran Anda.

Meskipun urgen untuk menjadi paling terampil dalam satu bidang bisnis,kemampuan yang diperlukan untuk mengawali dan menjalankan perusahaan jauh lebih bervariasi. Memulai bisnis teknologi memerlukan rasa yang kuatguna produk, waktu, tren dan pasar, yang melulu dapat kita dapatkanmelewati pengalaman.

3. Bergabunglah dengan komunitas dan bertemu dengan semua pendiri

Jika Anda mengawali bisnis teknologi internasional, kita akan berlomba dengan orang-orang cerdas, ambisius, dan terampil dari semua dunia. Iniialah tantangan besar. Dengan mempunyai komunitas pengusaha, pengembang, dan desainer hebat yang mendukung, ialah kunci guna suksesnya bisnis startup Anda.

4. Temukan tempat yang tepat

Untuk mendapat  tempat yang tepat, tidak sedikit hal yang butuh diperhatikan, yakni cari lokasi yang menciptakan Anda merasa lebihgampang terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan bisa berbagi gagasan. Ini memberi ilham dan memotivasi.

Perhatikan, lokasi tersebut mesti memiliki pesona internasional,tetapi dengan ongkos hidup yang terjangkau. Pastikan pun bahwakebiasaan serta pola pikir lingkungan sekitar cocok dengan tujuan kita.

5. Identifikasi gagasan bagus dan buruk lebih awal

Sebagai pendiri, kita seluruh memiliki tidak sedikit ide produk baru,masing-masing hari. Beberapa dari mereka tersiar menjanjikan, namunmelulu sedikit yang mempunyai potensi nyata guna menjadi bisnis yang sukses, cepat tumbuh, dan paling menguntungkan.

6. Bagaimana memilih satu gagasan, yang memiliki peluang untuk mengolah dunia?

Ini dibuka dengan keterampilan untuk mengidentifikasi masalah kita sendiri, dan memikirkan penyelesaian cerdas. Satu masalah besar, dapat diatasi dengan ribuan penyelesaian sederhana, tugas Anda ialah mencari yang terbaik. Anda butuh menjadi kritikus terbesar untuk Anda sendiri,pun terhadap setiap gagasan dari kesebelasan Anda.

Sadarilah bahwa beberapa besar usulan yang terlihat hebat di awal,bakal nampak tidak begitu hebat sesudah Anda menantangnya lebih jauh. Ide bagus tidak berarti mesti mengerjakan sesuatu yang paling baru. Terkadang lebih baik mengerjakan sesuatu yang biasa tetapi dengan pendekatan yang berbeda. Akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Temukan orang yang memberi kita umpan balik yang jujur dan berharga. Jangan menunggu gagasan yang digemari semua orang, sebab kemungkinan besar tersebut tidak ada.

7. Pahami tren dan pasar

Sebagai pengusaha, Anda mengawali sebuah perusahaan dengan destinasi jangka panjang. Anda hendak menciptakan sesuatu yang tetap dan memberi nilai tambah untuk kehidupan manusia, baik pelanggan maupun karyawan Anda.

Tantangannya ialah menyeimbangkan kesadaran bakal tren dan momentum tanpa menciptakan diri kita atau produk kita menjadi budak mereka. Inilaksana berselancar. kita tidak dapat mengganti samudra, jadi kita perlu meneliti dan menyimak air ketika naik ke kaki Anda ialah saat yang tepat untuk mengemudikan ombak.

8. Berpikirlah laksana atlet–tentukan tujuan Anda

Ketika saya memikirkan perusahaan saya, saya tidak jarang memikirkannyalaksana klub sepak bola. Jika saya ingin berlomba dengan klub sepakbolaruang belajar dunia lainnya, semangat saya tidak hanya dapat menang. Ini pun harus menjadi gairah–terhadap apa yang anda ciptakan dan kerja keras supaya tujuan anda menjadi kenyataan.

Bukan melulu uang yang menilai kesuksesan bisnis, tapi pun pendekatankita sendiri dalam mengerjakan sesuatu. Jika kita mendefinisikan gayakita dalam membina sebuah tim, kita dapat menambah kualitaskesebelasan Anda tanpa uang, dan kita dapat membina lingkungan yang memotivasi diri guna orang-orang yang ambisius.

Tentukan bagaimana Anda hendak memotivasi karyawan Anda masing-masing hari, supaya mendapat hasil berbobot | berbobot | berkualitas tinggi. Inilah salah satu dalil utama kenapa perusahaan laksana Google, Facebook, atau Apple unik bakat ruang belajar dunia dan dapat mempertahankannya.

9. Bersiaplah guna gagal

Memulai bisnis teknologi global dengan orang-orang internasional, berpendidikan tinggi dan paling terampil, menghasilkan jutaanpenghasilan per bulan, paling sulit. kita akan merasakan posisi terendah yang luar biasa, tergolong kehabisan uang, atau menyaksikan orang-orang urgen meninggalkan atau mematikan bisnis yang Anda lakukan dengan paling keras.

Ingat, itulah kegiatan Anda. Menjadi pengusaha berarti memungut risiko,sebab tanpa tersebut Anda tidak bakal pernah benar-benar sukses.Pentinguntuk Anda untuk mengetahui risikonya, dan mulai mengelolanya dengan bijak. Jika kita membabi buta dengan petualangan baru, level terendah inibakal jauh lebih menyakitkan daripada yang seharusnya.

Semakin baik Anda mengerjakan pekerjaan lokasi tinggal Anda, semakin besar bisa jadi perusahaan kita akan dapat bertahan. Saya berharap, saya bakal mempersiapkan diri dengan lebih baik, sebab ada begitu tidak sedikit harapan, ketika saya nyaris menyerah.

10. Temukan pendiri dan penasihat yang tepat

Untuk bisnis teknologi dianjurkan untuk mengawali dengan 4 orangkesebelasan pendiri/manajemen, yakni bagian produksi, seorang insinyur,unsur pemasaran/penjualan, unsur bisnis keuangan.

Angkat duit putaran kesatu Anda, atau bootstrap perusahaan Anda. Ada duateknik untuk mengawali bisnis teknologi. kita melakukannya sendiri,memungut semua risiko dan tanggung jawab sendiri (bootstrapping), ataukita mendapat investor yang percaya pada perusahaan Anda.

Ketika mengawali bisnis teknologi kesatu Anda, hindari kekeliruan umum. Jangan terlampau dini bicara untuk pemodal ventura ruang belajar dunia sebelum kita siap. Siapkan prototipe kerja, tunjukkan produk yang benar-benar hendak Anda bangun.

Fokus pada membina prototipe, uji model bisnis kita dan bikin strategi yang jelas guna menjadi bisnis yang berkelanjutan dan gampang diukur dengan cepat. Berbicaralah dengan investor ketika Anda siap, bukanketika Anda mempunyai sesuatu di atas kertas--bangunlah cerita Anda.

11. Pelajari teknik mempekerjakan dan mempertahankan kebiasaan perusahaan Anda

Menciptakan kebiasaan perusahaan yang berkelanjutan, sehat, dan positif dalam lingkungan startup yang tumbuh cepat dan cepat berubah, paling sulit, terutama untuk wirausahawan muda, dan tidak sedikit perusahaantidak berhasil  melakukannya.

Jangan fobia mengoreksi kesalahan kamu dengan cepat. Juga, andai bisniskita berkembang, tidak boleh kehilangan kemahiran untuk menilaikesebelasan Anda secara objektif.

Seringkali sulit untuk tim mula Anda guna mengikuti peradaban bisnis, Anda menginjak tahap baru dengan paling cepat. Yang kadang susah untuk dibicarakan, tapi saat bisnis berkembang, tidak jarang kali membetulkan tim, daripada menumbuhkannya.

12. Siapkan diri Anda guna menjadi seorang manajer

Tugas seorang manajer ialah dengan hati-hati menciptakan keputusan yanggampang dan sulit. Anda butuh mendefinisikan strategi bisnis, merekrut orang, membina tim, memotivasi karyawan, memutuskan dan mengukur sasaran, memberdayakan kepemilikan, membuat kemitraan, mengurusfinansial dan lain-lain.

Keterampilan ini susah dikembangkan, tidak sedikit pendiri benar-benarmenyimpulkan untuk mempekerjakan seorang CEO di etape selanjutnya. Menjadi CEO bukan untuk seluruh orang, ini ialah tantangan besar selainkendala yang telah Anda hadapi sebagai pebisnis.

13. Temukan penasihat dan mentor untuk membina bisnis Anda

Mentor menjadi penting. Mereka menolong kita dalam beranggapan dan memutuskan. Setiap kali anda tidak yakin dengan tahapan selanjutnya yangmesti anda ambil, anda meminta nasihatnya.

14. Bersiaplah untuk evolusi konstan

Ketika Anda menyimpulkan untuk membina sebuah perusahaan teknologi,kita dihadapkan pada di antara industri dengan pergerakan tercepat di planet ini. Lingkungan yang terus berubah laksana industri teknologimenciptakan sangat susah untuk meramalkan tren dan perkembangan, dan memerlukan konsentrasi besar pada fleksibilitas.Bersiaplah guna memperluas dan menanggulangi peluang baru dengan cepat. Pastikankesebelasan Anda telah siap juga.

15. Bekerja keras dan bersikap baik terhadap orang

Industri teknologi sarat dengan jutawan muda, semua kreator muda, dantersebut belum pasti hal yang baik. Kita bakal mudah mengejar orang dengan niat buruk, orang-orang yang tidak peduli dengan siapapun kecuali dirinya sendiri.

Tentukan nilai individu Anda, pikirkan baik-baik bagaimana Anda hendak sukses, dan bagaimana Anda hendak menikmatinya. Bekerja keras, memungut risiko, dan tidak jarang kali bersikap baik untuk orang lain. Dan jadilah sukses.

Ingin Jadi Pebisnis Startup? Ikuti 15 Kiat Berikut Ingin Jadi Pebisnis Startup? Ikuti 15 Kiat Berikut Reviewed by buyazen on 23.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.